Friday, April 10, 2020

MAKALAH KETAHANAN NASIONAL INDONESIA


BAB 1

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

        Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu mengetahui berbagai potensi yang dimiliki dan dapat mengoptimalkannya. Indonesia adalah bangsa yang besar dimana terdapat beragam suku bangsa dan memiliki wilayah yang luas, serta kekayaan alam yang melimpah. Terbentuknya Indonesia sebagai negara dilatarbelakangi oleh adanya perjuangan dari seluruh bangsa. Dimana bangsa asing sangat menginginkan untuk menguasai wilayah Indonesia karena potensinya yang besar dilihat dari wilayah yang luas dan kekayaan alam.

        Sudah menjadi kepastian, dimana setiap bangsa selalu memiliki cita-cita yang ingin dicapai.  Cita-cita ini menjadi sebuah tujuan yang sebenar-benarnya dan mempunyai fungsi sebagai penentu arah tujuan nasional. Dimana dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional bukan menjadi hal yang mudah. Hal ini disebabkan oleh munculnya berbagai tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan yang harus dihadapi ataupun ditanggulangi.

Ancaman yang datang tidak hanya dari luar negara saja, tetapi juga datang dari dalam negera. Dimana ancaman yang timbul dari dalam negara ini bersifat kegiatan fisik sampai dengan ideologis. Meski demikian, bangsa Indonesia memegang erat satu komitmen bersama untuk tetap tegaknya negara kesatuan Indonesia. Kondisi dan letak geografis dihadapkan dengan lingkungan dunia yang senantiasa mengalami perubahan akan memberikan motivasi untuk menciptakan suasana damai yang berpengaruh terhadap dorongan kesadaran bangsa.

        Dengan adanya berbagai ancaman dari dalam maupun luar inilah, setiap bangsa harus mempunyai kemampuan, kekuatan, ketangguhan dan keuletan. Dimana hal ini pada umumnya dinamakan ketahanan nasional atau ketahanan bangsa. Ketahanan nasional  merupakan kemampuan bangsa untuk mempertahankan persatuan dan kesatuannya dari berbagai ancaman yang akan muncul untuk memperkuat daya dukung kehidupannya.

RUMUSAN MASALAH

1.      Apakah pengertian ketahanan nasional Indosesia ?

2.      Apa saja unsur-unsur ketahanan nasional Indonesia ?

3.      Bagaimana pendekatan astagatra dalam mewujudkan ketahanan nasional ?

4.      Bagaimana pengaruh globalisasi terhadap ketahanan bangsa ?


TUJUAN PENULISAN

·         Untuk mengetahui pengertian dan sejarah ketahanan nasional Indonesia

·         Untuk mengetahui unsur-unsur ketahanan nasional

·         Untuk mengetahui pendekatan astagatra dalam mewujudkan ketahanan nasional

·         Untuk mengetahui pengaruh globalisasi terhadap ketahanan bangsa


BAB 2

PEMBAHASAN

A.    A. PENGERTIAN DAN SEJARAH KETAHANAN NASIONAL

Ketahanan sebuah bangsa (persekutuan hidup manusia) sangatlah penting bagi kelangsungan kehidupan manusia yang bersangkutan. Istilah ketahanan nasional merupakan gagasan Bung Karno yang diucapkan  tahun 1958 di Kotaraja (kini Banda Aceh) setelah menerima defile.[1]Dimana istilah ketahanan nasional dalam bahasa inggris disebut sebagai  national resillience dan dalam terminologi barat dikenal dengan istilah national power (kekuatan nasional). Definisi dari Lemhanas yang disebut dalam konsep 1968 adalah sebagai berikut: Ketahanan nasional adalah keuletan dan daya tahan kita dalam menghadapi segala kekuatan, baik yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan  hidup negara dan bangsa indonesia.[2] Dapat dikatakan bahwa ketahanan nasional adalah kemampuan menghadapi segala bentuk ancaman yang akan dihadapi, sehingga mempunyai kemampuan kehidupannya dalam mencapai kesejahteraan bangsa.

Gagasan tentang ketahanan nasional muncul diawal tahun 1960-an dan  menjadi sebagai konsepsi yang khas Indonesia sehubungan dengan adanya ancaman yang dihadapi oleh bangsa Indonesia,yakni meluasnya pengaruh komunisme dari Uni Soviet dan Cina.Pengaruh ini terus menjalar ke kawasan Indo Cina, sehingga kawasan Indo Cina satu persatu seperti Laos, Vietnam, dan Kamboja menjadi Komunis. Bahkan Infiltrasi komunis mulai masuk ke Thailand, Malaysia, dan Singapura. Pada tahun 1965 terjadi Pemberontakan (Gerakan 30 September 1965) di Indonesia yang dilakukan oleh komunis Indonesia dan pada akhirnya dapat diatasi.

UNTUK LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD FILE DIPOJOK ATAS (DOWNLOAD)


No comments:

Post a Comment

MENGHASILAN RIBUAN DOLLAR DENGAN TETAP DIRUMAH SAJA (PEMBUAT DESAIN PEMULA JUGA BISA MENGHASILKAN DI FIVERR)

LINK REGISTRASI => www.fiver.com/register         Fiverr merupakan salah satu platfrom yang menyediakan jasa dengan bidang yang ...