Friday, April 10, 2020

DAMPAK URBANISASI TERHADAP PEREKONOMIAN DI KOTA DENGAN STUDI KASUS WILAYAH DKI JAKARTA - EKONOMI PERKOTAAN

A.

DOWNLOAD

FILE.Doc      

Latar Belakang

        Pada zaman globalisasi seperti saat ini, tingkat pengangguran di wilayah Jakarta semakin meningkat, dimana banyaknya pengangguran tidak hanya dipicu dari rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, akan tetapi masyarakat yang berkesempatan menempuh program pendidikan lanjut (sarjana) pun juga banyak yang menganggur. Semua masyarakat yang menganggur bukan karena tidak mempunyai kemapuan (skill), akan tetapi disebabkan karena kurangnya lapangan kerja dalam menampung banyaknya jumlah dari pencari kerja.

        Kurangnya lapangan pekerjaan disebabkan oleh urbanisasi, dimana pengertian dari urbanisasi ini adalah perpindahan penduduk dari desa (atau kota lain) ke kota. Dimana setiap tahun banyak penduduk yang berpindah ke Jakarta dan menetap, guna mencari pekerjaan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi. Hal ini membuat penduduk Jakarta semakin banyak oleh para pendatang (urban) dan membuat lapanagan pekerjaan menjadi semakin berkurang dan bahkan sampai tidak terdapatnya lapangan pekerjaan yang memadai akibat dari banyaknya penduduk yang telah mencari pekerjaan.

        Dengan maraknya pembangunan di kota-kota besar dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Sebagai dampaknya, dimana kota tersebut menjadi magnet bagi penduduk untuk datang mencari pekerjaan dan bertempat tinggal. Hal ini selanjutnya akan menjadi masalah karena tidak terdapat pengendalian didalamnya. Terdapatnya urbanisasi yang berlebih ini telah menimbulkan berbagai permasalahan di Indonesia. Tidak hanya menimbulkan permasalahan di kota yang dituju, namun juga menimbulkan masalah di desa yang ditinggalkan. Masalah yang terjadi kota diantaranya, yaitu meningkatnya angka kemiskinan sehingga pemukiman kumuh juga meningkat, peningkatan kriminalitas dan masih banyak masalah lain. Di desa juga akan timbul masalah diantaranya yakni berkurangnya sumber daya manusia karena penduduknya pergi ke kota, desa akhirnya tidak mengalami perkembangan yang nyata.

        Kondisi perkotaan yang semakin tidak terkendali karena akibat adanya urbanisasi yang berlebih, telah menimbulkan berbagai permasalahan yang baru seperti meningkatnya kriminalitas akibat kemiskinan, pengangguran besar-besaran, bertambahnya pemukiman kumuh, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, urbanisasi akan dlihat sebagai faktor penentu bagai sebuah kota dapat berkembang baik secara fisik, maupun secara sosial.  Dengan begitu, bentuk atau pengertian dari urbanisasi itu dapat dilihat dengan lebih jelas juga akibat dampak yang ditimbulkannya terhadap kehidupan di kota.

Rumusan Masalah

1.      Apakah pengertian dari urbanisasi?

2.      Apakah factor yang mendorong terjadinya urbanisasi?

3.      Bagaimanakah dampak urbanisasi terhadap perekonomian DKI Jakarta?

4.      Bagaimana solusi mengatasi permasalahan dari urbanisasi?

untuk lengkapnya silahkan download file dikana pojok atas (download)

No comments:

Post a Comment

MENGHASILAN RIBUAN DOLLAR DENGAN TETAP DIRUMAH SAJA (PEMBUAT DESAIN PEMULA JUGA BISA MENGHASILKAN DI FIVERR)

LINK REGISTRASI => www.fiver.com/register         Fiverr merupakan salah satu platfrom yang menyediakan jasa dengan bidang yang ...